Sahur Yang Sehat

Bulan puasa merupakan bulan yang penuh rahmat dan ampunan. Sudah menjadi kewajiban bagi umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa dengan penuh keikhlasan. Dengan demikian akan terwujud akhlak yang baik dengan meningkatnya kesehatan spritual kita.

Sahur merupakan hal yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dengan melaksanakan sahur maka asupan gizi dalam tubuh kita tetap ada, sehingga kita tetap fit dan bugar selama berpuasa.

Makanan yang dikonsumsi saat sahur harus mengandung bahan-bahan yang mencukupi kebutuhan karbohidrat, lemak, protein, dan beberapa jenis vitamin dan mineral. Menambahkan sayuran dalam menu sahur merupakan ide cerdas karena sayuran merupakan makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral.

Namun yang harus diingat adalah pilihlah jenis sayur yang tidak mengganggu kesehatan lambung. Porsi yang seimbang adalah penting untuk diterapkan agar tubuh tidak lemas saat puasa. Dan minumlah air putih secukupnya agar cairan dalam tubuh tidak kurang. Dalam hal ini minum kopi atau teh kalau bisa dihindari karena hanya akan menimbulkan rasa haus yang luar biasa nantinya. Dengan sahur yang sehat Insyaallah tubuh kita tetap segar selama berpuasa.


0 komentar: