Translate

Nafas Kehidupan


Tubuh manusia ditunjang oleh berbagai aktivitas yang sangat penting untuk kehidupan. Seperti berdenyutnya jantung, pengaturan suhu tubuh, dan sebagainya. Walaupun semuanya sangat penting, ada sebuah aktivitas yang sangat menyatu dalam hidup kita, yaitu nafas.

Sebagaimana disebutkan dalam banyak naskah kuno, nafas jauh lebih penting daripada kelima indera manusia. Manusia tetap dapat hidup walaupun tidak dapat berbicara, atau tidak dapat melihat, atau tidak dapat mendengar, atau tidak dapat mencium bau. Tetapi, tanpa nafas, seorang manusia akan segera mati.

Pranayama sebagai ilmu pengontrolan nafas perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pranayama, aliran nafas masuk dan keluar dari paru-paru diatur sedemikian rupa demi hasil yang terbaik.

Salah satu caranya adalah nafas ditahan pada akhir penarikan dan penghembusan nafas. Penahanan nafas ini hanya boleh dilakukan beberapa saat saja, karena menahan nafas terlalu lama dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan, walaupun penahanan nafas dengan tepat dapat memperbaiki kesehatan.


1 komentar:

woman problems mengatakan...

di tunggu kunjungan balik