Tidur Siang Agar Anak Tumbuh Pesat


Usia anak-anak merupakan tahapan yang paling krusial pada perkembangan tubuh manusia. Jika salah langkah atau salah penanganan sedikit saja bisa berakibat fatal. Salah satu contohnya ketika anak mengalami panas atau demam yang cukup tinggi apabila tidak segera diatasi akan menggangu pertumbuhan organ tubuhnya. Karena pada masa anak-anak organ-organ tubuh manusia sedang berproses dengan intensitas yang sangat tinggi.

Pada usia bayi kebutuhan tidurnya sekitar 20 jam dan 8 jam ketika sudah beranjak dewasa. Memang pada anak-anak di atas usia 1 tahun kebutuhan tidurnya mulai menurun dibanding ketika usia bayi. Namun anak-anak tetap membutuhkan waktu tidur yang cukup. Dan pada saat tidur inilah organ tubuh vital terutama otak yang sedang meningkat-meningkatnya.

Biasakanlah anak untuk tidur siang 1 sampai dengan 2 jam sehari agar pertumbuhan anak bisa lebih pesat dan bagus. Riset membuktikan bahwa tidur siang pada manusia dewasa pun akan meningkatkan produktivitas kerja seseorang. Untuk itu orang tua harus cerdik membujuk dan membiasakan tidur siang pada anak agar tubuh si anak lebih bugar dan tumbuh lebih maksimal.

1 komentar:

Menjaga Kesehatan Ginjal Kita



Ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia yang memiliki peranan cukup signifikan dalam menjaga dan mempertahankan stabilitas kesehatan tubuh manusia. Tanpa ginjal yang sehat tentu saja banyak aktivitas dan pekerjaan tidak dapat dilakukan dengan sempurna sesuai dengan apa yang sudah dijadwalkan.

Organ tubuh manusia yang satu ini ternyata memiliki dua fungsi, yakni:
  1. Menyaring sisa-sisa metabolisme dari cairan darah dan akan dikeluarkan dalam bentuk air kemih.
  2. Menjaga keseimbangan air dan ion-ion mineral dalam darah agar tekanan osmotik cairan tubuh tetap seimbang.
  3. Menghasilkan hormon erythropoetin yang berperan dalam membantu pembentukan sel darah merah.
  4. Mengaktifkan vitamin D untuk memelihara kadar kalsium darah dan kesehatan tulang.

Nah...dengan fungsi yang sangat vital tersebut tentu saja kesehatan ginjal wajib kita jaga agar tubuh kita tetap bugar. Kita dapat mempraktekkan tips-tips berikut untuk menjaga agar ginjal tetap sehat. Tips tersebut adalah:
  1. Minum air putih sesuai kebutuhan.
  2. Jika sudah kebelet buang air kecil, jangan terlalu lama ditahan.
  3. Kurangi jumlah rokok yang Anda konsumsi.
  4. Minum obat sesuai dengan resep dokter dan jangan minum obat (terutama dari bahan kimia) dalam dosis yang berlebihan.
  5. Istirahat yang cukup dan olah raga secara rutin.

Mudah-mudahan kita tetap mampu menjaga kesehatan tubuh kita walaupun pekerjaan atau aktivitas sehari-hari yang terkadang melenakan kita.

0 komentar:

Rumah Yang Sehat dan Nyaman


Rumah merupakan tempat berkumpulnya semua anggota dari sebuah keluarga. Rumah merupakan salah satu kebutuhan yang super primer dewasa ini. Betapa tidak, sampai saat terutama di kota-kota besar masih banyak keluarga yang masih kesulitan mencari atau memiliki rumah tempat tinggal yang nyaman dan standar. Karena harganya yang masih mahal, beberapa orang memutuskan untuk menyewa atau mengontrak rumah agar dapat hidup sehat dan nyaman.

Yah...rumah yang sehat dan nyaman itu adalah dambaan banyak orang. Dan menurut beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa rumah yang sehat harus memiliki atau memenuhi hal-hal sebagai berikut :
  1. Tersedianya Air Bersih
  2. Memiliki Halaman Yang Cukup
  3. Adanya Tempat Pembuangan Sampah dan Saluran Pembuangan Air
  4. Tersedia Udara Yang Bersih
  5. Memiliki Ruang Tamu, Ruang Makan, dan Ruang Tidur
  6. Memiliki Fasilitas MCK Yang Memadai
  7. Berada di Wilayah Yang Jauh Dari Pabrik atau Kebisingan.
Seandainya ketujuh hal tersebut dapat terpenuhi, makan rumah yang kita tempati sudah bisa dikategorikan sehat dan nyaman. Dengan rumah yang sehat dan nyaman maka berpengaruh positif pula bagi kesehatan para penghuninya. 

Lalu...bagaimana dengan Anda yang tinggal di kota besar seperti Jakarta ini ??? Yah...kita sama-sama berdoa dan berusaha agar rumah yang sehat dan nyaman dapat kita miliki. Amin

0 komentar:

Jika Harus Operasi

Ada beberapa penyakit yang tidak bisa disembuhkan dengan konsumsi obat baik yang herbal maupun kimia. Tindakan operasi adalah satu-satunya jalan.

Bagi sebagian besar orang ini merupakan langkah yang tidak diharapkan. Namun penyakit seperti usus buntu adalah salah satu yang harus diambil tindakan operasi. Dan ini termasuk jenis operasi ringan menurut ahli medis.

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan agar jika harus operasi bisa berhasil dengan baik :

  1. Lakukanlah scan pada 2 atau lebih rumah sakit untuk hasil yang akurat dalam diagnosa.
  2. Istirahat yang cukup sebelum operasi dilakukan. Semakin baik istirahat Anda semakin cepat proses penyembuhan.
  3. Rileks dan jangan tegang. Dengan keadaan jiwa yang tenang akan mempermudah proses operasi yang dilaksanakan.
Mudah-mudahan tips diatas bisa mengurangi resiko kegagalan operasi penyakit yang Anda derita.

0 komentar:

Badan Segar Dengan Tidur Yang Berkualitas

Pernahkah Anda mengalami kejadian dimana Anda merasa sudah tidur dengan waktu yang cukup, akan tetapi ketika bangun tubuh Anda bukannya menjadi segar dan bugar tapi malah semakin terasa lelah? Nah...jika hal itu sering terjadi hampir setiap hari maka Anda tengah mengalami gangguan tidur. Hal ini karena menurut ahli kesehatan mengatakan bahwa kualitas tidur pada manusia tidak ditentukan oleh seberapa lama dia tidur akan tetapi seberapa lama dia bisa tidur dalam konsisi yang sangat lelap.

Pada manusia dikenal beberapa tahapan tidur. Selama tidur, kita akan memasuki 5 tahapan sebelum akhirnya kita bisa tertidur pulas. Dalam tahap pertama, mata sudah terpejam, tapi jika terbangun Anda merasa belum tidur. Pada tahap kedua, detak jantung melambat, suhu badan menurun. Tubuh bersiap-siap untuk tidur pulas. Sedangkan tahap ketiga dan keempat adalah tahap tidur pulas.

Pada tahap keempat sel darah merah diperbarui dan hormon-hormon yang penting untuk pertumbuhan dan penyembuhan diproduksi. Tahap kelima atau Rapid Eye Movement (REM) sangat penting untuk kesehatan mental. Pada tahap ini, fungsi-fungsi kognitif, pembelajaran, dan daya ingat diasah. Mimpi paling sering terjadi pada tahap REM. Sebelum mencapai REM, tahap 1—4 berlangsung sekitar 90 sampai 120 menit dengan pengulangan tahap dua dan tiga. Jadi tahapan tidur yang normal adalah: tahap 1, 2, 3, 4, 3, 2, REM.

Jadi agar tidur Anda berkualitas maka sebaiknya Anda berusaha atau berlatih agar bisa masuk ke tahap tidur pulas. Nah...untuk Anda yang sukar untuk bisa tidur pulas, Anda bisa memperbaiki hal ini dengan berbagai cara. Meditasi merupakan salah satu cara yang ampuh dan dianjurkan untuk menetralkan gelombang otak manusia yang karena aktivitas sehari-hari yang berat, sering frustasi, sering merasa kesal dan kecewa. Iringan musik yang lembut bisa membantu meditasi Anda. Semoga tidur Anda menjadi nyenyak dan menyegarkan.


1 komentar: