Allah Maha Pencipta

Pembaca yang budiman dan selalu dirahmati Allah swt., perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah banyak memberikan manfaat bagi keberlangsungan hidup manusia di muka bumi. Dengan semakin majunya iptek seharusnya manusia semakin mudah untuk bisa menjadi ciptaan Allah yang makin baik, yang makin bersyukur.

Bukannya makin bertambah rasa syukurnya, manusia justru semakin banyak mengingkari begitu banyak nikmat yang Allah berikan. Manusia ada yang menyombongkan diri karena merasa dirinya bisa membuat berbagai peralatan teknologi yang canggih dewasa ini. Merasa bahwa dirinyalah yang sudah "menciptakan" teknologi tersebut.

Padahal sesungguhnya manusia hanyalah memodifikasi ciptaan Allah yang luar biasa melimpahnya. Allah yang menciptakan api, logam, dan Allah juga yang menganugerahkan ilmu pengetahuan ke dalam diri manusia.

Jika tidak ada logam, api, air, dan lainnya, mustahil bagi manusia untuk membuat berbagai peralatan teknologi seperti yang sekarang. Janganlah manusia terjerumus dalam ego, dalam kesombongan, padahal apa yang ia makan dan minum merupakan nikmat yang Allah berikan sepanjang masa. Allah yanh telah menumbuhkan berbagai tanaman yang ketika ia sudah matang, sudah cukup usia, tanaman itu bisa dipanen dan menjadi rezeki dalam bentuk makanan yang lezat dan bergizi. Karena itu dengan semakin maju iptek, mari jadikan iman kita semakin kokoh, akhlak semakin baik dan jangan merusak tatanan kehidupan sosial yang sudah ada.


0 komentar: