Agar Daging Lebih Lunak


Agar Daging Lebih Lunak
Gambar: resepkoki.id

Selamat Hari Raya Idul Adha 1438 H. Hari ini di seluruh penjuru Nusantara tengah dilaksanakan acara pemotongan hewan qurban dalam skala besar. Dan tentu sebagian dari kita akan mendapatkan jatah sekitar setengah kilogram daging qurban pada umumnya.

Nah, jika Anda bersama keluarga ingin mengolah daging dengan cara direbus terlebih dahulu, Anda tentu menginginkan agar daging yang dimasak menjadi empuk saat dimakan. Daging yang terlalu keras sedikit banyak akan merusak kesehatan gigi karena sisa daging atau selilit yang nangkring di sela-sela gigi sangat membahayakan.

Dulu...emak saya pernah mengatakan bahwa untuk memasak daging terutama daging qurban agar menjadi lebih empuk kita bisa menggunakan berbagai jenis bahan alami. Bahan alami tersebut yakni yang mengandung enzim Proteolitik. Enzim ini berfungsi untuk menguraikan protein daging menjadi molekul yang lebih kecil, sehingga daging yang diberikan bahan tersebut akan memiliki tekstur yang lunak dan tidak mengakibatkan selilitan pada gigi Anda.

Dua bahan yang bisa digunakan adalah buah pepaya muda dan buah nanas. Cara penggunaannya adalah potong kecil-kecil buah pepaya muda lalu dibalurkan ke seluruh daging yang akan dimasak setelah dicuci. Diamkan selama lebih kurang 30 menit agar enzim yang bertugas melunakkan daging bekerja optimal. Sedangkan untuk buah nanas penggunaannya adalah dengan cara diparut. Mudah-mudahan resep dari emak saya itu bisa bermanfaat bagi kita semua. Karena harapan saya adalah Anda tidak mengalami sakit gigi karena kebanyakan memakan daging yang "wuled". Selamat mencoba.....