Badan Segar Dengan Tidur Yang Berkualitas

Pernahkah Anda mengalami kejadian dimana Anda merasa sudah tidur dengan waktu yang cukup, akan tetapi ketika bangun tubuh Anda bukannya menjadi segar dan bugar tapi malah semakin terasa lelah? Nah...jika hal itu sering terjadi hampir setiap hari maka Anda tengah mengalami gangguan tidur. Hal ini karena menurut ahli kesehatan mengatakan bahwa kualitas tidur pada manusia tidak ditentukan oleh seberapa lama dia tidur akan tetapi seberapa lama dia bisa tidur dalam konsisi yang sangat lelap.

Pada manusia dikenal beberapa tahapan tidur. Selama tidur, kita akan memasuki 5 tahapan sebelum akhirnya kita bisa tertidur pulas. Dalam tahap pertama, mata sudah terpejam, tapi jika terbangun Anda merasa belum tidur. Pada tahap kedua, detak jantung melambat, suhu badan menurun. Tubuh bersiap-siap untuk tidur pulas. Sedangkan tahap ketiga dan keempat adalah tahap tidur pulas.

Pada tahap keempat sel darah merah diperbarui dan hormon-hormon yang penting untuk pertumbuhan dan penyembuhan diproduksi. Tahap kelima atau Rapid Eye Movement (REM) sangat penting untuk kesehatan mental. Pada tahap ini, fungsi-fungsi kognitif, pembelajaran, dan daya ingat diasah. Mimpi paling sering terjadi pada tahap REM. Sebelum mencapai REM, tahap 1—4 berlangsung sekitar 90 sampai 120 menit dengan pengulangan tahap dua dan tiga. Jadi tahapan tidur yang normal adalah: tahap 1, 2, 3, 4, 3, 2, REM.

Jadi agar tidur Anda berkualitas maka sebaiknya Anda berusaha atau berlatih agar bisa masuk ke tahap tidur pulas. Nah...untuk Anda yang sukar untuk bisa tidur pulas, Anda bisa memperbaiki hal ini dengan berbagai cara. Meditasi merupakan salah satu cara yang ampuh dan dianjurkan untuk menetralkan gelombang otak manusia yang karena aktivitas sehari-hari yang berat, sering frustasi, sering merasa kesal dan kecewa. Iringan musik yang lembut bisa membantu meditasi Anda. Semoga tidur Anda menjadi nyenyak dan menyegarkan.


1 komentar:

Tidur yang berkualitas penting untuk kebugaran,kesehatan dan kecantikan.