Jumat, 31 Oktober 2014

Temanku Sembuh Karena Makan Pare


(Gambar: unikdong.blogspot.com)
 
Beberapa tahun yang lalu, seorang teman kerja saya tiba-tiba saja mengalami stroke ringan yakni bagian mulut tidak dapat digerakkan / digunakan secara normal. Berbicara pun seperti orang gugu yang kesulitan mengucapkan kata demi kata. Teman saya ini adalah orang yang paling anti sekali dengan yang namanya obat-obatan. Jika dia kebetulan sakit kepala, dia biasanya hanya minum teh pahit hangat dan mengikat bagian kepala. Ajaib bin amazing, penyakit sakit kepalanya sembuh tanpa harus menggunakan atau mengkonsumsi obat.

Nah...kebetulan saat menderita stroke ringan ini dia hobi sekali makan pare, alias sayur pare dimakan mentah-mentah tanpa dimasak. Walaupun kita mengatakan bahwa pare itu rasanya pahit, namun kenyataannya teman saya tersebut sembuh dalam waktu sekitar seminggu dan bisa beraktivitas kembali seperti biasanya. Ini merupakan anugerah Tuhan yang sangat teman saya syukuri. Dan memang dengan menghindari obat-obatan tubuh manusia akan terasa lebih berenergi dan tidak cepat mengalami penuaan.

Begitu luar biasa manfaat sayur pare ini bagi kesehatan tubuh manusia. Pare menurut para ahli, pare memang mengandung zat untuk melawan sel kanker dan bisa menurunkan kadar gula darah. Khasiat ini diperoleh dari salah satu kandungan zat dalam pare, yaitu "lesichin" dan zat lain yang berfungsi untuk mengaktifkan kinerja dari sistem kekebalan tubuh manusia.

Pare juga mengandung serat, Vitamin C, Karotin, dan Kalium yang bermanfaat untuk menambah kemampuan tubuh dalam melindungi dirinya sendiri dari berbagai penyakit. Dengan dosis yang sesuai dan teratur, mengkonsumsi pare dapat meningkatkan kesehatan manusia. Dari pengalaman teman saya tersebut, saya yang sejatinya memang doyan makan sayur pare, menjadi semakin yakin dan semakin hobi makan sayur pare agar saya lebih sehat dan fit sepanjang hari. Bagaimana dengan Anda?


Minggu, 05 Oktober 2014

Agar Daging Lebih Lunak

Selamat Hari Raya Idul Adha 1435 H. Hari ini di seluruh penjuru Nusantara tengah dilaksanakan acara pemotongan hewan qurban dalam skala besar. Dan tentu sebagian dari kita akan mendapatkan jatah sekitar setengah kilogram daging qurban pada umumnya.

Nah, jika Anda bersama keluarga ingin mengolah daging dengan cara direbus terlebih dahulu, Anda tentu menginginkan agar daging yang dimasak menjadi empuk saat dimakan. Daging yang terlalu keras sedikit banyak akan merusak kesehatan gigi karena sisa daging atau selilit yang nangkring di sela-sela gigi sangat membahayakan.

Dulu...emak saya pernah mengatakan bahwa untuk memasak daging terutama daging qurban agar menjadi lebih empuk kita bisa menggunakan berbagai jenis bahan alami. Bahan alami tersebut yakni yang mengandung enzim Proteolitik. Enzim ini berfungsi untuk menguraikan protein daging menjadi molekul yang lebih kecil, sehingga daging yang diberikan bahan tersebut akan memiliki tekstur yang lunak dan tidak mengakibatkan selilitan pada gigi Anda.

Dua bahan yang bisa digunakan adalah buah pepaya muda dan buah nanas. Cara penggunaannya adalah potong kecil-kecil buah pepaya muda lalu dibalurkan ke seluruh daging yang akan dimasak setelah dicuci. Diamkan selama lebih kurang 30 menit agar enzim yang bertugas melunakkan daging bekerja optimal. Sedangkan untuk buah nanas penggunaannya adalah dengan cara diparut. Mudah-mudahan resep dari emak saya itu bisa bermanfaat bagi kita semua. Karena harapan saya adalah Anda tidak mengalami sakit gigi karena kebanyakan memakan daging yang "wuled". Selamat hari raya.....



Senin, 30 Juni 2014

Sahur Yang Sehat

Bulan puasa merupakan bulan yang penuh rahmat dan ampunan. Sudah menjadi kewajiban bagi umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa dengan penuh keikhlasan. Dengan demikian akan terwujud akhlak yang baik dengan meningkatnya kesehatan spritual kita.

Sahur merupakan hal yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dengan melaksanakan sahur maka asupan gizi dalam tubuh kita tetap ada, sehingga kita tetap fit dan bugar selama berpuasa.

Makanan yang dikonsumsi saat sahur harus mengandung bahan-bahan yang mencukupi kebutuhan karbohidrat, lemak, protein, dan beberapa jenis vitamin dan mineral. Menambahkan sayuran dalam menu sahur merupakan ide cerdas karena sayuran merupakan makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral.

Namun yang harus diingat adalah pilihlah jenis sayur yang tidak mengganggu kesehatan lambung. Porsi yang seimbang adalah penting untuk diterapkan agar tubuh tidak lemas saat puasa. Dan minumlah air putih secukupnya agar cairan dalam tubuh tidak kurang. Dalam hal ini minum kopi atau teh kalau bisa dihindari karena hanya akan menimbulkan rasa haus yang luar biasa nantinya. Dengan sahur yang sehat Insyaallah tubuh kita tetap segar selama berpuasa.



Rabu, 11 Juni 2014

Mari Hijaukan Jakarta


Jakarta pernah berkata : "Yang kubutuhkan adalah pepohonan, bukan kendaraan-kendaraaan !!!".
Jika Jakarta adalah manusia mungkin akan terdengar teriakan seperti itu di telinga kita. Bagaimana tidak, Jakarta sekarang sudah menjadi kota incaran para kaum urban termasuk saya. Tapi jangan salah lho, saya pernah dilahirkan di jakarta dan saya juga pernah menikmati masa kecil di Jakarta sampai kelas satu SD. Jadi sebenarnya saya ini kaum setengah urban...hahahaha.

Pembaca dan sobat blogger yang budiman, udara Jakarta saat ini sebenarnya sudah tidak layak untuk dihirup manusia yang tinggal di kota ini. Permasalahan pokoknya adalah kurang tersedianya Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berfungsi sebagai paru-paru kota Jakarta. Menurut Undang-Undang lingkungan hidup menyatakan bahwa RTH yang harus tersedia minimal 30% dari luas lahan suatu wilayah.

Bagaimana dengan Jakarta??? Ya kalau udara Jakarta masih panas di banyak sudut kota, berarti pohon yang ada di kota Jakarta jumlahnya masih kurang. Padahal udara yang bersih sangat menunjang kesehatan tubuh manusia. Pohon merupakan sumber oksigen yang sangat besar untuk menyehatkan paru-paru kita. Nah...yang terjadi malah sebaliknya, di kota Jakarta pohon malah digusur digantikan bangunan mall dan apartemen. Akibatnya ya rasakan sendiri deh...siapa suruh menggusur pohon....???

Kita berharap pemerintah provinsi DKI Jakarta cepat bertindak untuk mengatasi polusi udara di kota ini yang sudah cukup parah. Jika dibiarkan maka masyarakat kota Jakarta selain merasa kepanasan juga merasa cepat lelah dan stress karena kebutuhan oksigen tak tercukupi. Mari Hijaukan Jakarta !!!


Sabtu, 07 Juni 2014

Cara Mendidik Anak Dengan Baik


Bagaimana perasaan Anda ketika melihat perilaku anak yang nakal, susah diatur, susah makan, atau barangkali anak tersebut terbiasa berkata kasar dan kotor? Bagaimana pula perasaan Anda ketika melihat perilaku anak yang sopan, rajin belajar, menurut kepada kedua orang tua?

Saya yakin Anda akan lebih senang menjawab pertanyaan yang kedua bukan? Yah...siapa yang tak senang apabila melihat anak-anak tumbuh dengan riang, sehat, perilakunya menggemaskan. Lain halnya jika perilaku anak tidak wajar atau diluar kendali orang tua, tentu sangat merepotkan dan membuat orang tua kesal.

Namun yang harus kita sadari adalah apapun yang terjadi dan dilakukan anak menurut sebagian besar kajian menyatakan bahwa baik buruknya anak 90 persen ada pada orang tua, lebih tepatnya adalah cara orang tua mendidik anak-anaknya. Anak yang dididik dengan cara yang benar akan tumbuh dan berkembang secara wajar.

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan agar anak tumbuh menjadi pribadi yang menyenangkan orang tua :
  1. Kurangi Porsi Cacian, Perbanyak Pujian Kepada Anak. Terkadang ketika kita bertemu dengan anak yang nakal, beringasan, berkata tidak sopan kita cenderung mencaci dan memarahi si anak tanpa kita pahami dulu latar belakang si anak. Anak yang tumbuh bersama orang tua yang penuh perhatian dan kasih sayang tentu akan berbeda dengan anak yang tumbuh dan berkembang dari keluarga yang broken home atau orang tua yang notabene cuek terhadap anak. Anak yang terlalu sering diomel-omelin, dicaci maki tentu akan tumbuh menjadi anak yang pendendam dan kurang memilik rasa percaya diri dan respect terhadap orang lain. Karena itu pujian dan penghargaan adalah hal yang lebih bermanfaat bagi si anak.
  2. Kenali Bakat Anak Sejak Dini. Kita bisa melakukan banyak cara untuk memahami apa sesungguhnya potensi besar anak. Misalnya dengan menyodorkan suatu benda dan kita lihat bagaimana reaksi anak terhadap benda tersebut. Jika anak diberikan benda seperti bola kemudian anak bereaksi cepat dan terlihat senang dengan benda bernama bola itu, maka kemungkinan besar anak hobi dengan permainan sepakbola ketika dia tumbuh besar nanti.
  3. Beri Contoh Bukan Perintah. Dengan memberikan contoh yang baik anak akan menjalani aktivitas dan hobi-hobi positif dengan sepenuh hati dan bisa menjadi bekal untuk kehidupan si anak ketika dewasa. Jika Anda ingin anak Anda gemar membaca dan belajar berilah pancingan yang positif misalnya dengan menyediakan koran, majalah, buku yang sifatnya umum di meja yang biasa dilewati anak ketika sedang beraktivitas. Anda juga minimal harus membaca koran atau majalah tersebut untuk memancing hasrat si anak.
  4. Cipatakan Susana Makan Yang Hangat dan Akrab. Kita tentu sering mendengar anak yang susah makan dan lebih suka ngemil atau jajan bersama teman-temannya. Menurut para ahli psikologi anak mengatakana bahwa susana makan yang hangat dan akrab membuat anak memiliki nafsu makan yang baik. Mungkin ini berat bagi keluarga yang terlalu sibuk dengan pekerjaan terutama mereka yang hidup di kota-kota besar. Ini bukan pilihan tapi yang terpenting adalah niat Anda. Tidak perlu waktu yang lama untuk membangun suasana makan yang akrab, yang terpenting ketika ada kesempatan jangan disia-siakan.

Mudah-mudahan cara mendidik anak tersebu bisa bermanfaat untuk kita semua. Anak yang sehat secara jiwa dan raga tentu harapan kita bersama, karena anak adalah pewaris masa depan bangsa.


Jumat, 06 Juni 2014

Memahami Fungsi Jantung Untuk Kesehatan Yang Prima

Fungsi jantung bagi manusia sangat vital. Orang sering mengkaitkan detak jantung seseorang untuk memastikan apakah seseorang itu masih hidup atau sudah wafat. Pasien yang terkena serangan jantung akan langsung ditangani oleh dokter spesialis dan ditempatkan di ruang ICCU yang biayanya bagi orang biasa, bagi wong cilik terbilang sangat mahal. Karena itu kesehatan jantung perlu dijaga dan dilatih dengan olahraga yang rutin, istirahat yang cukup, serta makanan yang begizi tinggi

Jantung berfungsi sebagai pemompa cairan darah sebagai pelarut zat-zat yang dibutuhkan tubuh manusia. Pekerjaan jantung adalah mensuplai darah, oksigen dan zat-zat makanan ke seluruh tubuh melalui jaringan yang rumit dan dilakukan dengan sangat cepat.

Pada saat beristirahat, jantung berdetak sebanyak 100.000 kali dan melaksanakan tugasnya memompa sebanyak 8000 liter darah sehari. Semakin berat aktivitas manusia, semakin banyak darah yang dibutuhkan agar tubuh tetap bekerja dengan optimal.

Olahraga adalah satu-satunya cara efektif untuk menjaga jantung agar tetap menjalankan fungsinya dengan baik. Dengan berolah raga otot-otot jantung menjadi kuat, aliran darah dari dan menuju jantung bekerja sangat powerfull. Paksakan diri Anda untuk berolah raga minimal seminggu sekali untuk menjaga kesehatan jantung. Dan dengan diimbangi konsumsi EMPAT SEHAT LIMA SEMPURNA ENAM NGUTANG DULU mudah-mudahan jantung kita selalu sehat. Amin.



Minggu, 25 Mei 2014

Tidur Siang Agar Anak Tumbuh Pesat


Usia anak-anak merupakan tahapan yang paling krusial pada perkembangan tubuh manusia. Jika salah langkah atau salah penanganan sedikit saja bisa berakibat fatal. Salah satu contohnya ketika anak mengalami panas atau demam yang cukup tinggi apabila tidak segera diatasi akan menggangu pertumbuhan organ tubuhnya. Karena pada masa anak-anak organ-organ tubuh manusia sedang berproses dengan intensitas yang sangat tinggi.

Pada usia bayi kebutuhan tidurnya sekitar 20 jam dan 8 jam ketika sudah beranjak dewasa. Memang pada anak-anak di atas usia 1 tahun kebutuhan tidurnya mulai menurun dibanding ketika usia bayi. Namun anak-anak tetap membutuhkan waktu tidur yang cukup. Dan pada saat tidur inilah organ tubuh vital terutama otak yang sedang meningkat-meningkatnya.

Biasakanlah anak untuk tidur siang 1 sampai dengan 2 jam sehari agar pertumbuhan anak bisa lebih pesat dan bagus. Riset membuktikan bahwa tidur siang pada manusia dewasa pun akan meningkatkan produktivitas kerja seseorang. Untuk itu orang tua harus cerdik membujuk dan membiasakan tidur siang pada anak agar tubuh si anak lebih bugar dan tumbuh lebih maksimal.


Kamis, 22 Mei 2014

Menjaga Kesehatan Ginjal Kita



Ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia yang memiliki peranan cukup signifikan dalam menjaga dan mempertahankan stabilitas kesehatan tubuh manusia. Tanpa ginjal yang sehat tentu saja banyak aktivitas dan pekerjaan tidak dapat dilakukan dengan sempurna sesuai dengan apa yang sudah dijadwalkan.

Organ tubuh manusia yang satu ini ternyata memiliki dua fungsi, yakni:
  1. Menyaring sisa-sisa metabolisme dari cairan darah dan akan dikeluarkan dalam bentuk air kemih.
  2. Menjaga keseimbangan air dan ion-ion mineral dalam darah agar tekanan osmotik cairan tubuh tetap seimbang.
  3. Menghasilkan hormon erythropoetin yang berperan dalam membantu pembentukan sel darah merah.
  4. Mengaktifkan vitamin D untuk memelihara kadar kalsium darah dan kesehatan tulang.

Nah...dengan fungsi yang sangat vital tersebut tentu saja kesehatan ginjal wajib kita jaga agar tubuh kita tetap bugar. Kita dapat mempraktekkan tips-tips berikut untuk menjaga agar ginjal tetap sehat. Tips tersebut adalah:
  1. Minum air putih sesuai kebutuhan.
  2. Jika sudah kebelet buang air kecil, jangan terlalu lama ditahan.
  3. Kurangi jumlah rokok yang Anda konsumsi.
  4. Minum obat sesuai dengan resep dokter dan jangan minum obat (terutama dari bahan kimia) dalam dosis yang berlebihan.
  5. Istirahat yang cukup dan olah raga secara rutin.

Mudah-mudahan kita tetap mampu menjaga kesehatan tubuh kita walaupun pekerjaan atau aktivitas sehari-hari yang terkadang melenakan kita.


Selasa, 20 Mei 2014

Rumah Yang Sehat dan Nyaman


Rumah merupakan tempat berkumpulnya semua anggota dari sebuah keluarga. Rumah merupakan salah satu kebutuhan yang super primer dewasa ini. Betapa tidak, sampai saat terutama di kota-kota besar masih banyak keluarga yang masih kesulitan mencari atau memiliki rumah tempat tinggal yang nyaman dan standar. Karena harganya yang masih mahal, beberapa orang memutuskan untuk menyewa atau mengontrak rumah agar dapat hidup sehat dan nyaman.

Yah...rumah yang sehat dan nyaman itu adalah dambaan banyak orang. Dan menurut beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa rumah yang sehat harus memiliki atau memenuhi hal-hal sebagai berikut :
  1. Tersedianya Air Bersih
  2. Memiliki Halaman Yang Cukup
  3. Adanya Tempat Pembuangan Sampah dan Saluran Pembuangan Air
  4. Tersedia Udara Yang Bersih
  5. Memiliki Ruang Tamu, Ruang Makan, dan Ruang Tidur
  6. Memiliki Fasilitas MCK Yang Memadai
  7. Berada di Wilayah Yang Jauh Dari Pabrik atau Kebisingan.
Seandainya ketujuh hal tersebut dapat terpenuhi, makan rumah yang kita tempati sudah bisa dikategorikan sehat dan nyaman. Dengan rumah yang sehat dan nyaman maka berpengaruh positif pula bagi kesehatan para penghuninya. 

Lalu...bagaimana dengan Anda yang tinggal di kota besar seperti Jakarta ini ??? Yah...kita sama-sama berdoa dan berusaha agar rumah yang sehat dan nyaman dapat kita miliki. Amin


Sabtu, 17 Mei 2014

Jika Harus Operasi

Ada beberapa penyakit yang tidak bisa disembuhkan dengan konsumsi obat baik yang herbal maupun kimia. Tindakan operasi adalah satu-satunya jalan.

Bagi sebagian besar orang ini merupakan langkah yang tidak diharapkan. Namun penyakit seperti usus buntu adalah salah satu yang harus diambil tindakan operasi. Dan ini termasuk jenis operasi ringan menurut ahli medis.

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan agar jika harus operasi bisa berhasil dengan baik :

  1. Lakukanlah scan pada 2 atau lebih rumah sakit untuk hasil yang akurat dalam diagnosa.
  2. Istirahat yang cukup sebelum operasi dilakukan. Semakin baik istirahat Anda semakin cepat proses penyembuhan.
  3. Rileks dan jangan tegang. Dengan keadaan jiwa yang tenang akan mempermudah proses operasi yang dilaksanakan.
Mudah-mudahan tips diatas bisa mengurangi resiko kegagalan operasi penyakit yang Anda derita.


Kamis, 01 Mei 2014

Badan Segar Dengan Tidur Yang Berkualitas

Pernahkah Anda mengalami kejadian dimana Anda merasa sudah tidur dengan waktu yang cukup, akan tetapi ketika bangun tubuh Anda bukannya menjadi segar dan bugar tapi malah semakin terasa lelah? Nah...jika hal itu sering terjadi hampir setiap hari maka Anda tengah mengalami gangguan tidur. Hal ini karena menurut ahli kesehatan mengatakan bahwa kualitas tidur pada manusia tidak ditentukan oleh seberapa lama dia tidur akan tetapi seberapa lama dia bisa tidur dalam konsisi yang sangat lelap.

Pada manusia dikenal beberapa tahapan tidur. Selama tidur, kita akan memasuki 5 tahapan sebelum akhirnya kita bisa tertidur pulas. Dalam tahap pertama, mata sudah terpejam, tapi jika terbangun Anda merasa belum tidur. Pada tahap kedua, detak jantung melambat, suhu badan menurun. Tubuh bersiap-siap untuk tidur pulas. Sedangkan tahap ketiga dan keempat adalah tahap tidur pulas.

Pada tahap keempat sel darah merah diperbarui dan hormon-hormon yang penting untuk pertumbuhan dan penyembuhan diproduksi. Tahap kelima atau Rapid Eye Movement (REM) sangat penting untuk kesehatan mental. Pada tahap ini, fungsi-fungsi kognitif, pembelajaran, dan daya ingat diasah. Mimpi paling sering terjadi pada tahap REM. Sebelum mencapai REM, tahap 1—4 berlangsung sekitar 90 sampai 120 menit dengan pengulangan tahap dua dan tiga. Jadi tahapan tidur yang normal adalah: tahap 1, 2, 3, 4, 3, 2, REM.

Jadi agar tidur Anda berkualitas maka sebaiknya Anda berusaha atau berlatih agar bisa masuk ke tahap tidur pulas. Nah...untuk Anda yang sukar untuk bisa tidur pulas, Anda bisa memperbaiki hal ini dengan berbagai cara. Meditasi merupakan salah satu cara yang ampuh dan dianjurkan untuk menetralkan gelombang otak manusia yang karena aktivitas sehari-hari yang berat, sering frustasi, sering merasa kesal dan kecewa. Iringan musik yang lembut bisa membantu meditasi Anda. Semoga tidur Anda menjadi nyenyak dan menyegarkan.



Rabu, 12 Februari 2014

Kondisi Cuaca Saat Ini, Waspada dan Jaga Kesehatan


Musim hujan kembali mengguyur wilayah Jakarta dan berbagai wilayah Nusantara lainnya. Selain menyebabkan banjir dan berbagai bencana, musim hujan juga mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit.

Anda yang rumah tempat tinggalnya terendam banjir tentu merasakan betapa banjir ini membuat kesehatan kita sangat terganggu. Dari mulai aktivitas buang air yang tidak teratur sampai penyakit kulit yang diakibatkan kuman yang larut bersama air.

Untuk itu alangkah bijaknya jika kita sama-sama menjaga kesehatan tubuh kita lebih dari biasanya di musim penghujan seperti sekarang ini. Ada banyak cara agar kita dapat mengurangi dampak kesehatan akibat banjir diantaranya:
  1. Selalu Sedia Minyak Penghangat Badan, benda kecil ini kadang dianggap remeh. Padahal dengan membaluri tubuh dengan minyak penghangat resiko penyakit bisa dikurangi.
  2. Pakailah Sepatu Bot, jika rumah Anda yang terendam tidak terlalu dalam, pemakaian sepatu ini dapat mengurangi dampak penyakit kulit.
  3. Sarapan Pagi Itu Wajib, sebelum musim hujan tiba seyogyanya kita mengantisipasi persediaan bahan makanan untuk jaga-jaga ketika banjir datang. Jika tidak dengan nasi, kita dapat mengganti dengan bahan makanan lain seperti roti kering.
Mudah-mudahan tips diatas dapat membantu disaat kita sedang dilanda musibah banjir. Walaupun banyak terjadi di beberapa wilayah dimana warga tidak dapat sama sekali mempersiapkan hal-hal tersebut di atas.


Manfaat Daun Salam

Daun salam merupakan salah satu rempah yang sangat terkenal di masyarakat Indonesia. Daun salam biasanya digunakan oleh kaum ibu untuk memasak agar makanan yang dihasilkan memiliki rasa yang lebih gurih dan nikmat. Daun salam ini akan menghasilkan aroma makanan yang wangi dan menarik.

Daun salam dalam bahasa latin dikenal dengan istilah Syzygium Polyanthum yang pohonnya hidup di daaerah tropis seperti Indonesia. Dan memang negara kita terkenal dengan rempah-rempahnya yang khasiatnya sudah terkenal di seluruh penjuru dunia. Bahkan dulu negara Eropa banyak yang tertarik dengan sumber daya alam dari negara kita.

Ternyata daun salam memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh manusia jika dikonsumsi sesuai aturan. Manfaat daun salam ini antara lain:
  1. Obat Sakit Diare/ Mencret, cara penggunaannya adalah dengan menyiapkan 20 lembar daun salam yang sudah dicuci, kemudian air sebanyak 2 liter, serta 2 sendok makan garam. Rebuslah ketiga bahan tersebut hingga mendidih dan minumlah ramuan tersebut 3 kali sehari sampai diare anda sembuh.
  2. Obat Sakit Maag, cara penggunaannya adalah dengan merebus 15 lembar daun salam dengan 2 liter air dan tambahkan gula aren secukupnya. Kemudian minumlah ramuan rebusan daun salam tersebut untuk mengobati sakit maag Anda secara teratur.
  3. Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, cara penggunaannya adalah dengan merebus 15 lembar daun salam dengan 3 gelas air sampai mendidih. Rebus terus sampai tersisa hingga 1 gelas air rebusan daun salam. Minumlah secara teratur sampai tekanan darah Anda menurun.
Itulah beberapa manfaat daun salam bagi kesehatan tubuh manusia. Sampai saat ini manfaat daun salam masih diteliti untuk berbagai macam penyakit lainnya.


Mengenai Saya

Foto saya

Selalu berbagi informasi dan inspirasi

Vitaminku

Komentar-komentar

Total Tayangan Laman

 

Copyright © 2009 by Makhluk Surga

Template by Blog Templste 4 U