Translate

Penyebab Berkurangnya Nilai Gizi Pada Makanan

Agar makanan dapat dikategorikan layak dan sehat untuk dikonsumsi oleh manusia maka makanan tersebut akan diolah atau diproses dengan tahapan atau cara tertentu. Namun terkadang proses pengolahan makanan yang salah dapat menyebabkan kandungan gizi dari makanan tersebut berkurang. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan berkurangnya nilai makanan:

Penyebab Berkurangnya Nilai Gizi Pada Makanan
Penyebab Berkurangnya Nilai Gizi Pada Makanan
  1. Memasak bahan makanan. Mencuci beras secara berlebihan (berkali-kali) akan banyak menghilangkan kandungan vitamin B pada beras. Menanak nasi dengan cara direbus dahulu akan melarutkan sebagian vitamin dan mineral. Begitu juga dengan sayuran yang dicuci setelah dipotong-potong akan menyebabkan hilangnya sebagian zat makanan. Maka langkah yang benar adalah dengan mencuci buah dan sayuran, kemudian memotong-motong buah dan sayuran tersebut sesuai dengan kebutuhan.
  2. Menjemur makanan. Vitamin C dan Vitamin B2 pada makanan akan rusak karena proses oksidasi. Hindari menaruh makanan pada tempat yang terkenan paparan sinar matahari secara langsung.
  3. Pengeringan. Pengeringan pada ikan atau daging yang berlemak akan menimbulkan ketengikan karena proses oksidasi.
  4. Pengalengan. Proses pengalengan yang tidak higienis akan menimbulkan bakteri dan jamur sehingga akan meracuni makanan dan tidak layak untuk dikonsumsi.
Dengan memperhatikan pengolahan bahan makanan secara baik dan benar, maka manfaat dan kandungan gizi pada makanan akan tetap utuh dan tidak terbuang percuma. Sehingga Anda akan menyajikan masakan yang benar-benar sehat dan bergizi untuk keluarga. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Follow by Email

Subscribe to our email newsletter.