Air Bersih Untuk Kesehatan Manusia


Penyediaan air bersih sebagai alat pembersih tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, hal ini disebabkan karena air sangat penting bagi manusia. Manusia akan cepat meninggal karena kekurangan air daripada kekurangan makanan. Tubuh manusia itu sendiri sebagian besar terdiri dari air. Tubuh orng dewasa, sekitar 55-60% berat badan terdiri dari air, untuk anak-anak 65%, dan untuk bayi sekitar 80%.

Kebutuhan manusia akan air sangat kompleks, menurut WHO di negara-negara maju tiap orang memerlukan air antara 60-120 liter per hari dan untuk negara berkembang seperti Indonesia tiap orang memerlukan air antara 30-60 liter per hari. Kegunaan air yang sangat penting adalah kebutuhan untuk minum, dan untuk memenuhi itu maka air harus mempunyai persyaratan khusus agar air tersebut tidak menimbulkan penyakit bagi manusia. Air yang sehat harus mempunyai persyaratan sebagai berikut:

1. Syarat fisik
Persyaratan fisik untuk air yang sehat adalah bening (tidak berwarna), tidak berasa, suhu dibawah suhu udara diluarnya.

2. Syarat bakteriologis
Air yang sehat untuk memenuhi keperluan manusia harus bebas dari segala bakteri.

3. Syarat kimia
Air yang sehat harus mengandung zat-zat tertentu di dalam jumlah yang tertentu pula.

Sesuai dengan prinsip teknologi tepat guna di pedesaan maka air yang berasal dari mata air dan sumur dalam adalah dapat diterima sebagai air yang sehat, dan memenuhi ketiga persyaratan tersebut diatas, asalkan air tidak tercemar oleh kotoran-kotoran terutama kotoran manusia dan binatang. Oleh karena itu, mata air atau sumur yang ada di pedesaan harus mendapatkan pengawasan dan perlindungan agar tidak dicemari penduduk yang menggunakan air tersebut.

0 komentar: