Selasa, 26 Mei 2009

Sekilas Tentang Penyakit Epilepsi


Kata “epilepsi” berasal dari bahasa Yunani. “epi” berarti “atas”, dan “lepsia” berasal dari kata “lembenein” yang berarti “menyerang”. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa pada mulanya “epilepsia” itu berarti suatu “serangan dari atas”, suatu kutukan dari surga. Penyakit ini juga dinamai Morbus Sacer, yang berarti “penyakit suci”.

Epilepsi adalah : Manifestasi gangguan otak dengan berbagai etiologi, namun dengan gejala tunggal yang khas, yaitu serangan berkala dan reversibel, yang disebabkan oleh lepasnya muatan listrik neuron kortikal secara berlebihan.

Walaupun penyakit ini telah lama dikenal dalam masyarakat, terbukti dengan adanya istilah-istilah bahasa daerah untuk penyakit ini seperti sawan, ayan, sekalor, dan celengan, tapi pengertian akan penyakit ini masih kurang bahkan salah sehingga penderita digolongkan dalam penyakit gila, kutukan dan turunan sehingga penderita tidak diobati atau bahkan disembunyikan. Akibatnya banyak penderita epilepsi yang tak terdiagnosis dan mendapat pengobatan yang tidak tepat sehingga menimbulkan dampak klinik dan psikososial yang merugikan baik bagi penderita maupun keluarganya.

Epilepsi dapat memberikan komplikasi jangka panjang yang cukup serius, untuk itu perlu dipahami mengenai keteraturan pengobatan, menghindari faktor pencetus untuk mencegah terjadinya kejang. Faktor pencetus epilepsi adalah kurang tidur, terlalu lelah, stress emosional, infeksi, obat-obatan tertentu, hormonal (haid, kehamilan).


Comments :

5 komentar to “Sekilas Tentang Penyakit Epilepsi”

armouris mengatakan...
on 

info tentang sawan kat sini - Memahami Penyakit Sawan

woman problems mengatakan...
on 

bagus bagus infonya...folow back ya ...

Steve mengatakan...
on 

terima kasih banyak buat artikel yg sangat informatif tentang penyakit epilepsi ini...

Jerawat|Obat Jerawat Tradisional mengatakan...
on 

wah mantabs nih mas gan postinganya ijin ngintip dan mempelajari.

Makhluk Surga mengatakan...
on 

Monggo silahkan....
dinikmati seadanya, semoga bermanfaat....

Total Tayangan Laman

 

Copyright © 2009 by Makhluk Surga

Template by Blog Templste 4 U