Rabu, 20 Mei 2009

Buah Tomat Kaya Akan Lycopene dan Dapat Menjegah Kanker


Tomat merupakan salah satu sayuran yang paling banyak dikonsumsi. Kandungan utama tomat adalah Lycopene. Lycopene merupakan sejenis carotene yang mempunyai fungsi paling kuat untuk melawan oksidasi, menghambat mutasi sel, menurunkan cidera asam nukleat, mengurangi penyakit pembuluh darah jantung, mencegah penyakit kanker dan berbagai fungsi lainnya.

Penelitian-penelitian yang dilakukan terhadap Lycopene:
  1. Tahun 1959, pakar medis Amerika pertama kali melaporkan bahwa Lycopene mempunyai khasiat mencegah kanker.
  2. Tahun 1985-1991, fakultas Kedokteran Universitas Italia menggunakan Lycopene dalam jumlah dosis yang banyak untuk melakukan percobaan pencegahan penyakit kanker, yang membuktikan bahwa Lycopene dapat menurunkan persentase berbagai penyakit kanker, seperti kanker saluran pencernaan, lambung, usus dan prostat.
  3. Tahun 2002, majalah "Times" mengumumkan bahwa dalam 10 besar makanan sehat, tomat yang mengandung banyak Lycopene menduduki peringkat pertama.
  4. Tahun 1994, Universitas Harvard melalui penelitian terhadap 48.000 orang menunjukkan jika setiap minggu mengkonsumsi dua kali produk tomat, maka persentase timbulnya kanker prostat dapat dikurangi 34%.
Manusia dan hewan tidak dapat menyatukan Lycopene di dalam tubuhnya sendiri, hanya diperoleh dari makanan dan melalui proses pemanasan (dimasak) maka Lycopene lebih mudah diserap tubuh manusia. Dalam tubuh manusia Lycopene tersebar di liver, paru-paru, kulit, usus dan jaringan organ lainnya.


Comments :

3 komentar to “Buah Tomat Kaya Akan Lycopene dan Dapat Menjegah Kanker”

Anonim mengatakan...
on 

woOw...!

video mp3 player mengatakan...
on 

hmmmm... ilmu baru nech. thank's ya...

QSEW mengatakan...
on 

sipp deh... tomat memang kesukaanku... murah en lezat kalo dibikin jus hehehe

Total Tayangan Laman

 

Copyright © 2009 by Makhluk Surga

Template by Blog Templste 4 U