Selasa, 09 Juni 2009

Dibalik Wanginya Cengkeh


Selain digunakan dalam industri makanan, minuman dan rokok kretek, cengkeh sudah sejak lama digunakan dalam pengobatan sehari - hari karena minyak cengkeh mempunyai efek farmakologi sebagai stimulan, anestetik lokal, karminatif, antiemetik, antiseptik dan antispasmodik.

Sejak zaman Dinasti Han 220 – 206 SM cengkeh di samping sebagai rempah juga digunakan sebagai pewangi mulut. Selain itu dilaporkan pula bahwa di Eropa sejak abad 14 campuran ekstrak cengkeh dan kapolaga telah digunakan sebagai obat anti plaque (karang gigi). Di Portugal bunga cengkeh yang masih hijau diambil cairannya dan dipakai untuk obat jantung di samping sebagai pewangi.

Bahkan beberapa dokter menyarankan penggunaan cengkeh untuk meningkatkan pencernaan karena percaya bahwa cengkeh dapat memperkuat kerja perut, hati dan jantung. Pada abad ke 18 di Maluku cengkeh digunakan untuk menyembuhkan luka. Pengobatan tradisional di Indonesia menggunakan cengkeh untuk sakit perut dengan cara mengunyah bunga cengkeh tersebut dan untuk sakit mata dengan meneteskan air perendaman bunga cengkeh.

Di samping itu cengkeh digunakan sebagai pembangkit nafsu makan, menyembuhkan kolik atau diberikan pada wanita yang baru melahirkan dalam bentuk ramuan dengan bahan bahan obat lainnya. Penggunaan minyak cengkeh dalam bentuk balsam sudah banyak digunakan di Indonesia dan karena sifatnya sebagai analgesik, balsam yang dihasilkan dapat dipakai untuk mengurangi rasa sakit karena reumatik. Dan minyak cengkeh dapat dipakai sebagai bahan aktif atau pembuatan obat kumur karena sifatnya sebagai antibakteri.

Comments :

6 komentar to “Dibalik Wanginya Cengkeh”

anggaarie mengatakan...
on 

info yang bagus neh...

Lis Indra mengatakan...
on 

Info yang manis tentang cengkeh...
Harum dan segar untuk menuman.
Thanks, ya Sis...
Kutunggu komentar Anda di postingan tentang sahabat di blog saya.

irvan mengatakan...
on 

wah menarik, jadi tau manfaat cengkeh

woman problem mengatakan...
on 

ternyata banyak juga manfaatnya ya...

Steve mengatakan...
on 

cengkeh memang sangat menakjubkan...

MUSIC SHARE mengatakan...
on 

harga cengkeh pun sangat menguntungkan para petaninya

Poskan Komentar

 

Copyright © 2009 by Makhluk Surga