Selasa, 02 Juni 2009

Cara Penularan Virus HIV/AIDS


HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus, sebuah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. AIDS singkatan dari Acquired Immuno Deficiency Syndrome. AIDS muncul setelah virus (HIV) menyerang sistem kekebalan tubuh kita selama lima hingga sepuluh tahun atau lebih. Sistem kekebalan tubuh menjadi lemah, dan satu atau lebih penyakit dapat timbul. Karena lemahnya sistem kekebalan tubuh tadi, beberapa penyakit bisa menjadi lebih parah daripada biasanya.

HIV terdapat dalam sebagian cairan tubuh, yaitu:
  1. Darah
  2. Air mani
  3. Cairan vagina
  4. Air susu ibu (ASI)
HIV menular melalui:
  1. Bersenggama yang membiarkan darah, air mani, atau cairan vagina dari orang HIV-positif masuk ke aliran darah orang yang belum terinfeksi (yaitu senggama yang dilakukan tanpa kondom melalui vagina atau dubur; juga melalui mulut, walau dengan kemungkinan kecil).
  2. Memakai jarum suntik yang bekas pakai orang lain, dan yang mengandung darah yang terinfeksi HIV.
  3. Menerima transfusi darah yang terinfeksi HIV.
  4. Dari ibu HIV-positif ke bayi dalam kandungan, waktu melahirkan, dan jika menyusui sendiri.
Biasakan mempunyai sikat gigi dan pisau cukur sendiri, karena selain untuk kebersihan pribadi, jika terdapat darah akan ada risiko penularan dengan virus lain yang diangkut aliran darah (seperti hepatitis), bukan hanya HIV.

HIV tidak menular melalui:
  1. Bersalaman, berpelukan
  2. Berciuman
  3. Batuk, bersin
  4. Memakai peralatan rumah tangga seperti alat makan, telepon, kamar mandi, WC, kamar tidur, dll.
  5. Gigitan nyamuk
  6. Bekerja, bersekolah, berkendaraan bersama
  7. Memakai fasilitas umum misalnya kolam renang, WC umum, sauna, dll.
HIV tidak dapat menular melalui udara. Virus ini juga cepat mati jika berada di luar tubuh. Virus ini dapat dibunuh jika cairan tubuh yang mengandungnya dibersihkan dengan cairan pemutih (bleach) seperti Bayclin atau Chlorox, atau dengan sabun dan air. HIV tidak dapat diserap oleh kulit yang tidak luka.

>>>>> Lihat juga artikel :

Comments :

17 komentar to “Cara Penularan Virus HIV/AIDS”

ANak WIsma mengatakan...
on 

perluu disosialisasikan..
karena selama ini temen gue yang terkena aids, terkucilkan banget truz depresi dan akhirnya mati... karena dikucilkan...

HIV and Treatments mengatakan...
on 

Thank you for the explanation mahluk Surga.
Hope you will be always in Surga :)

woman problems mengatakan...
on 

selalu bgus and bermanfaat buat pembaca..

Anonim mengatakan...
on 

Saya Mau
Tanya Tadi Penis / Zakar Saya Kebetulan Dingulum / Dijilat Ama Pelacur Yang Terinfeksi HIV
Apa Saya Bisa Kena HIV ?
Saya Tadi Cuma Dingulum /Dijilat Burung Saya

Anonim mengatakan...
on 

thanks infonya..... sangat berguna bwat gue

QSEW mengatakan...
on 

katanya belom ada obatnya ya

Steve mengatakan...
on 

dengan mengikuti petunjuk tersebut di atas, yakin deh kita akan bisa terhindar dari penyakit aids ini...

artikel yg sangat bagus, thanks yach mahluk surga ;)

info kesehatan kita mengatakan...
on 

sadari dari sekarang sebelum terlambat. salam info kesehatan

Anonim mengatakan...
on 

Bisakah sembuh total,,??

Anonim mengatakan...
on 

Mengapa virus hiv tidak menular dari gigitan nyamuk? Padahal nyamuk kan menyuntik juga. Bisa saja nyamuk menggigit org yg terkena hiv aids kemudian menggigit org lain yg belum terjangkit hiv

Makhluk Surga mengatakan...
on 

Susunan darah nyamuk berbeda dengan darah manusia. Kalo nyamuk bisa menularkan HIV berarti semua manusia sudah kena HIV dong???

Dody Setiady aLpuqed mengatakan...
on 

kalau obat arv bisa menekan laju virus kan? dan ibu hamil kalau mengkonsumsi arv kemungkinan anaknya terjangkit itu kecil
right?

Makhluk Surga mengatakan...
on 

Yah...benar Mas.
obat antiretroviral bisa menekan laju virus HIV, hanya saja aturan pemakaiannya harus dengan resep/ petunjuk dari dokter.

Anonim mengatakan...
on 

Mas, apa aids bs menular melalui sex oral, dan cium ktika kita sariawan. Mohon penerangannya, trims ksh

Anonim mengatakan...
on 

mas, kalo french kiss, bisa menularkan aids nggak? Kalo kita terkena keringat penderita ?

Anonim mengatakan...
on 

Koreksi pak,kondom tdk 100% mencegah HIV.
baca http://dokter-medis.blogspot.com/2009/07/ternyata-kondom-tidak-bisa-mencegah-hiv.html?m=1

Busana Muslim Terbaru mengatakan...
on 

menakutkan skali..

Poskan Komentar

 

Copyright © 2009 by Makhluk Surga